Rabu, 07 Desember 2011

HIV/AIDS, jauhi virusnya bukan orangnya !



emmm, 1 Desember yang lalu adalah hari AIDS seduna, emmm, mungkin dari kalian masih bungung tentang istilah HIV/AIDS, okey, aku jelasin dulu,

pertama HIV,HIV adalah singakatan dari 'human immunodeficiency virus' *susah ya namanya(?)* yaitu semacam virus yang menyerang antibody atau kekebalan tubuh dalam tubuh kita, tugasnya menghancurkan atau menggangu fungsinya. Virus ini biasanya menggerogoti tubuh kita. 
AIDS beda dengan HIV, AIDS yaitu "acquires immonodeficiency syndrome" yaitu sejenis infeksi dan kelanjutan dari HIV

Sebetulnya kalo terkena HIV/AIDS itu nggak ada gejala yang signifikan sih, tapi, beberapa orang mengalami gangguan kelenjar yang menimbulkan efek seperti deman (disertai panas tinggi, gatal-gatal, nyeri sendi, dan pembengkakan pada limpa), yang dapat terjadi pada saat seroconversion. Seroconversion adalah pembentukan antibodi akibat HIV yang biasanya terjadi antara enam minggu dan tiga bulan setelah terjadinya infeksi. Mungkin kalo terkena HIV/AIDS itu nggak bisa dilihat dengan kasat mata, satu satunya cara yaitu dengan tes HIV.

Sebagian besar, orang yang nggak mendapat  mendapat pengobatan bakal menunjukan gejala sekita 8 - 10 tahunan,
AIDS diidentifikasi berdasarkan beberapa infeksi tertentu, yang dikelompokkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization) sebagai berikut:
  • Tahap I penyakit HIV tidak menunjukkan gejala apapun dan tidak dikategorikan sebagai AIDS.
  • Tahap II (meliputi manifestasi mucocutaneous minor dan infeksi-infeksi saluran pernafasan bagian atas yang tak sembuh- sembuh)
  • Tahap III (meliputi diare kronis yang tidak jelas penyebabnya yang berlangsung lebih dari satu bulan, infeksi bakteri yang parah, dan TBC paru-paru), atau
  • Tahap IV (meliputi Toksoplasmosis pada otak, Kandidiasis pada saluran tenggorokan (oesophagus), saluran pernafasan (trachea), batang saluran paru-paru (bronchi) atau paru-paru dan Sarkoma Kaposi). Penyakit HIV digunakan sebagai indikator AIDS.
Mengerikan bukan ? dan samapi saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan HIV/AIDS. tapi, HIV bisa berkembang menjadi AIDS sekitar 10-15 tahunan, lumayan lama, tapi apa mau kaya gitu ?

oo, iya, kita bisa mencegah itu semua kok, dengan Say No to Drugs dan tidak melakukan hubungan seks bebas dan berganti ganti pasangan, JANGAN PERNAH COBA ITU SEMUA ! kalo ngga mau kita jadi madesu *MAsa DEpan SUram*

oh, iya tentang ODHA atau orang dengan HIV/AIDS, odha itu orang orang yang terkena HIV/AIDS, kalo kalian tau, mereka itu butuh simpati dari kita, nggak usah dijauhi, sebetulnya mereka adalah orang baik baik, nggak menular dan mereka bukan yang dikaratina, kalo kita meng-INTIMIDASI mereka sama aja perikemanusiaan kita kemana ? nggak usah taku tertular, karena HIV?AIDS hanya bisa tertular dengan, melakukan hubungan seks dengan penderita HIV/AIDS, berciuman, dan mungkin bawaan, jadi kalo seorang ibu  yang terkena HIV/AIDS bisa menular ke anaknya, ya, tapi nggak semua sih.

emmm, ada tuh simbol kepedulian terhadap HIV/AIDS namanya






World AIDS Ribbon

Pasti kalian pernah liat kan ?

emm,segitu dulu yah, dari aku, emm, pokoknya JAUHI VIRUSNYA BUKAN ORANGNYA okey ?


2 komentar: